asbes atau asbestos adalah sejenis mineral yang telah mengalami perubahan wujud secara ilmiah dikarenakan terjadi efek kimiawi oleh alam. Asbes memiliki strukur yang mengandung serat fiber secara alami. Dalam segi komersil bahan mineral ini sering dimanfaatkan sebagai bahan baku dikarenakan memiliki ketahanan terhadap faktor luar. Seperti tahan terhadap panas, listrik, cuaca ekstrim dan sebagainya. Dalam konstruksi bangunan asbes sering dimanfaatkan sering dimanfaatkan sebagai atap, dinding, plafon kaena dinilai tidak menyerap panas sehingga tidak akan nepengaruhi suhu ruangan seperti logam. Dibanding dengan atap berbahan material seng yang menyerap panas dan menghantarkan panas kedalam ruagan asbes justru sebaliknya. Asbes juga dapat diaplikasikan pada dinding bangunan semi permanen karena dapat menghema sejumlah  biaya. Dibandingkan menggunakan semen untuk membangun dinding secara permanen, penggunaan asbes bisa menjadi alternatif bagi yang belum menentukan tata ruangan untuk jangka panjang. Selain itu harga material bangunan asbes terhitung terjangkau sehingga seing di gunakan dalam proyek konstruksi.

Harga Material Bangunan Asbes

Sempat timbul isu di permukaan yang mana beberapa negara telah melakukan pembatasan penggunaan asbes secara bebas. Hal ini muncul karena beberapa alasan. menurut ilmu kesehatan debu yang ditimbulkan oleh asbes yang termakan usia memiliki efek negatif terhadap pernafasan. Selain itu asbes yang termasuk dalam jenis minera danl tidak mudah terurai dengan tanah seperti halnya plastik. Sampah dari bahan material asbes tergolong belum bisa di daur ulang secara maksimal. Namun  diluar hal itu semua bahan material ini masih menjadi pilihan alternatif masyarakat luas. Dengan harga bersaing dan kualitas bahan yang bersaing. Asbes juga di nilai dapat menggantkan atap kanopi yang biasa memakai seng yang dapat membuat suhu ruangan di bawahnya akan mengalami penngkatan suhu.

Pada kota – kota besar yang mana pembangunan dan harga rumput sintetis semakin meningkat. Pengggunaan asbes untuk membangun sejumlah angunan vertikal dapat menekan pengeluaran. Pengunaan asbes sebagai pengganti dinding bata permanen dapet menjadi alternatif. Bangunan di wilayah perkotaan sering mengalami renovasi membuat pemakaian asbes semakin meningkat.